Jokowi Dibuat Penasaran dengan Kopi Ini, Tiga Kali Pesan Saat Berkunjung ke Banda Aceh

  • Bagikan
MENARIK: Barista menyiapkan kopi solong pesanan pelanggan. Kain penyaring menjadi alat penting yang tidak boleh sembarangan diletakkan. (Hendra Eka/Jawa Pos)

FAJAR.CO.ID, ACEH -- Dikaruniai kopi Gayo yang menggugah selera, masyarakat Aceh doyan ngopi sambil ngobrol. Kopi solong menjadi salah satu yang favorit. Bahkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampai tiga kali memesannya.

FOLLY AKBAR, Banda Aceh

”Belum datang ke Aceh kalau belum mencicipi kopi solong.” Ungkapan itu membuat animo pelancong terhadap kopi racikan Haji Nawawi tersebut selalu tinggi. Mereka ingin membuktikan kenikmatan kopi solong yang termasyhur.

Kepopuleran kopi solong juga membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) penasaran. Dalam tiga kali kunjungan kerja ke Banda Aceh, Jokowi memesan kopi solong. Memang, orang nomor satu Republik Indonesia (RI) itu belum sempat singgah ke kedai Nawawi untuk menikmati langsung kopi solong di sana. Namun, pesanan berulang dari sang presiden membuat Nawawi bangga.

”Ada pesan acara tol tiga kali,” kata Nawawi saat menerima Jawa Pos di kedainya pada awal Februari. Warung kopi dengan nama lengkap Kedai Kopi Solong Nawawi itu terletak di Jalan T. Iskandar No 13–14, Ulee Kareng, Banda Aceh. Itulah kedai pusat. Ada total enam cabang Kopi Solong di Banda Aceh.

Jokowi tiga kali memesan dapur portabel Kopi Solong. Nawawi memang menyediakan paket dapur portabel untuk mengakomodasi pesanan pelanggan di luar kedai. ”Satu paket 600 gelas,” terangnya.

Sebetulnya, lanjut Nawawi, beberapa tahun lalu Jokowi sempat mengagendakan kunjungan ke kedainya. Bahkan, Nawawi sudah dikontak staf istana. Namun, karena ada perubahan jadwal saat lawatan ke Banda Aceh, kunjungan ke Kopi Solong urung. Jokowi lantas hanya memesan kopi solong untuk dinikmati di luar kedai. Ya, dengan layanan dapur portabel itu.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan