Bingung Mau Healing Kemana? Ke Danau Tanralili Aja, Tak Kalah Cantik dari Ranu Kumbolo

  • Bagikan
Danau Tanralili, Sulawesi Selatan (foto: Instagram @visitsulawesi)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tak salah jika para traveller menyebutnya “Surga” di Kaki Gunung Bawakareang. Di sekililingnya, kamu akan melihat pegunungan seperti benteng pelindung.

Tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai lokasi kamping dan healing.

Udaranya yang sejuk serta pemandangan danau sangat menggoda. Termasuk untuk menginap beberapa hari sembari menikmati kesejukan alam.

Danau Tanralili tak kalah cantik dari Ranu Kumbolo di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur. Danau Tanralili kerap dijuluki Ranu Kumbolo-nya Sulawesi Selatan.

Ya, berkunjung ke Sulawesi Selatan, kamu tak hanya disuguhkan dengan pantai dan lautnya yang tersohor akan keindahannya.

Tapi juga destinasi pegunungan yang dijamin membuat kamu terkesima.

Danau Tanralili menawarkan sejuta keindahan alam. Terletak di kaki Gunung Bawakaraeng, Malino, Kabupaten Gowa ini, danau ini tercipta dari bencana longsor besar yang terjadi di kaki Gunung Bawakaraeng tahun 2003 silam.

Danau ini tidak begitu besar dan dalam. Hanya ada udara yang sejuk, gemericik suara air terjun, juga sesekali terdengar nyanyian alam dari para pengunjung lain, sungguh jauh dari hiruk pikuk kota.

Untuk sampai ke Danau Tanralili, jika memulai perjalanan dari Makassar maka rute yang ditempuh adalah ke arah Malino, Tinggi Moncong, Kabupaten Gowa.

Hanya berjarak sekitar 68 kilometer dari Makassar. Jalan menanjak, turun, dan berliku normalnya bisa ditempuh sekitar 2-3 jam. (dra/fajar)

  • Bagikan