Silsilah Prabu Siliwangi

  • Bagikan
Silsilah Prabu Siliwangi. Foto: Historiana

FAJAR.CO.ID -- Silsilah Prabu Siliwangi terbagi dalam kedua garis besar dari tiga istri yang berbeda. Keturunannya menjadi pembesar kerajaan.

Silsilah Prabu Siliwangi diantaranya memiliki keturunan yang menjadi raja di sejumlah kerajaan di Jawa Barat (Jabar) hingga Banten.

Pada garis besar silsilah memang hanya memuat dari tiga istri. Kendati diriwayatkan Prabu Siliwangi menikah sampai 151 kali dan ada juga versi yang menyebut daftar 52 istri.

Diantara keturunannya tersebut kemudian menjadi pemimpin di tempatnya masing-masing seperti Sunan Gunung Jati di Kesultanan Cirebon.

Tidak hanya itu, silsilah dari Prabu Siliwangi tidak hanya mewarnai kerajaan yang bercorak Hindu. Namun, termasuk kesultanan yang bercorak Islam.

Berikut Silsilah Prabu Siliwangi secara garis besar seperti dirangkum dari berbagai sumber:

Silsilah Prabu Siliwangi dan Keturunannya yang Menjadi Raja


Prabu Niskala Wastu Kencana, Raja Sunda dan Galuh ke-26 tahun 1371 sampai dengan 1475. Membagi dua kerajaan untuk dua putera mahkota yakni, Dewa Niskala menjadi Raja Galuh dan Susuk Tunggal menjadi Raja Sunda.

Dari pernikahan dengan Dewi Mayangsari putra Patih Bunisora, dilahirkan anak yakni Dewa Niskala dan Ki Gedeng Sindang Kasih.

Pernikahan Niskala Wastu Kencana dengan Dewi Lara Sukarti, dilahirkan Susuk Tunggal yang menjadi Raja Sunda.

Dewa Niskala memiliki anak Jaya Dewata atau Pamanah Rasa yang kelak diberi gelar Prabu Siliwangi.


Ki Gedeng Sindang Kasih memiliki anak Dewi Ambet Kasih. Sedangkan Susuk Tunggal memiliki anak Dewi Kentring Manik Mayang Sunda dan Amuk Arugul.

  • Bagikan