Sudah Ratusan Anak Diduga Terserang Hepatitis Misterius, Waspadai Gejalanya!

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID -- Kasus suspek hepatitis misterius mulai muncul. Di Jawa Timur dilaporkan ada 114 anak berstatus suspek penyakit tersebut. Gejalanya mirip dengan sakit kuning atau suspect jaundice (kuning) akut.

Selain Jatim, sejumlah daerah lain ternyata sudah mulai melaporkan kasus anak dengan gejala Hepatitis Misterius, namun belum dipastikan itu hepatitis akut atau bukan.

Berdasarkan data Sistem Kewaspadaan Dini dan Respons (SKDR) Jawa Timur, minggu 1 hingga minggu 17 Tahun 2022 (per 4 Mei 2022), telah ditemukan 114 kasus suspect jaundice (kuning) akut di 18 kabupaten/kota di Jatim. Pada minggu ke-14 hingga minggu ke-17 cenderung mengalami kenaikan.

Sebagai catatan, data SKDR tersebut adalah kasus suspect jaundice (kuning) akut yang dilaporkan dengan usia secara umum (tidak spesifik ≤ 16 tahun).

Menyikapi hal tersebut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur Erwin Astha Triyono meminta para orang tua waspada.

Khususnya kepada anak-anak dan orang tua untuk selalu menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta protokol kesehatan secara disiplin.

“Lakukan upaya pencegahan dengan PHBS seperti mencuci tangan pakai sabun, meminum air bersih yang matang, memastikan makanan dalam keadaan bersih dan matang penuh, menggunakan alat makan sendiri, memakai masker, menjaga jarak serta menghindari kontak dengan orang sakit,” katanya dalam keterangan resmi akun media sosial Dinas Kesehatan Jawa Timur @dinkesjatim.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi membenarkan kasus suspek Hepatitis Misterius yang terjadi di Jawa Timur. Sejumlah daerah juga sudah mulai melaporkan kasus tetapi belum bisa dipastikan atau belum terkonfirmasi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan