Lebih Dekat Mengenal Reksa Dana dengan Fitur Pembagian Hasil Investasi dan Cara Kerjanya

  • Bagikan
Ilustrasi. Saham(thikstockphotos)

FAJAR.CO.ID -- Semua investor tentu tidak asing dengan reksa dana sebagai salah satu instrumen investasi yang sedang naik daun dan digemari oleh banyak kalangan. Namun, tahukah Anda jika reksa dana memiliki beragam jenis yang memiliki cara kerja dan peluang keuntungan berbeda? Salah satu contohnya adalah reksa dana dengan fitur PHI atau Pembagian Hasil Investasi.

Jenis reksa dana tersebut dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang cukup pesat pada dana kelolaannya. Reksa dana jenis PHI ini bukanlah jenis baru dan tak ada aturan khusus yang dibuat oleh OJK atau Otoritas Jasa Keuangan terkait kinerja produk tersebut.

Namun, poin penting pada jenis reksa dana tersebut terletak pada kebijakan pengelolaan dari investasinya, yakni memasukkan istilah Pembagian Hasil Reksadana (PHI). Lalu, apa yang sebenarnya dimaksud dengan fitur PHI pada instrumen reksa dana dan cara kerjanya? Untuk memahaminya lebih jauh, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Fitur PHI pada Reksa Dana?

PHI adalah fitur bagi hasil yang bisa terdapat pada segala bentuk reksa dana asalkan digolongkan sebagai kebijakan pembentukan KIK atau Kontrak Investasi Kolektif pertama kali. Apabila telah tercantum, fitur ini dapat dibaca pada ringkasan berkas Prospektus Reksa Dana.

Sebagian investor mungkin menganggap jika sistem bagi hasil tersebut hanya ada pada jenis reksa dana konservatif, misalnya, pasar uang, pendapatan tetap, atau reksadana terproteksi yang memperoleh kupon obligasi. Padahal, fitur PHI ini bisa dimasukkan pada segala tipe reksa dana, bahkan yang sifatnya agresif sekalipun, seperti reksa dana saham.

Cara Kerja dari Fitur PHI

Pada pengelolaannya, keuntungan reksa dana didapatkan dari kenaikan nilai saham maupun obligasi, kupon obligasi, dividen, serta bunga deposito. Mengenai keuntungan tersebut, terdapat 2 opsi yang bisa dipilih, yaitu menginvestasikannya kembali sehingga mampu menambah nilai investasi, atau membagikannya kepada para pemegang unit menggunakan fitur PHI.

  • Bagikan