Enam Bulan Usai Copot Direksi BUMD, Danny Pomanto Instruksikan Lelang Jabatan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota Makassar akan melakukan lelang jabatan untuk jajaran direksi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Rencana lelang dibuka pekan depan. Hal ini tidak terlepas dari masa jabatan penjabat direksi yang telah di-SK-kan akan genap enam bulan masa kerja. Diketahui, SK penunjukan Pj Direksi tertanggal 7 Desember 2021 lalu.

“Semua tingkatan direksi akan dilelang. Sudah enam bulan ini. Saya kira minggu depan sudah harus diumumkan lelangnya,” kata Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto, di kediamannya Jalan Amirullah, Senin, (9/5/2022).

Wali Kota Makassar dua periode ini menyebut, sejauh ini hanya dua BUMD yang kinerjanya cukup bagus, di antaranya Perumda Air Minum Makassar dan Rumah Potong Hewan (RPH) Makassar.

Lelang jabatan ini rencananya akan melibatkan pihak eksternal Pemkot Makassar seperti halnya Tim Percepatan BUMD yang dibentuk.

Sementara itu, Anggota Tim Percepatan Penataan BUMD Makassar, Prof Aminuddin Ilmar menyebut, rata-rata BUMD tak memahami tiga aspek yang menjadi dasar Tim Percepatan BUMD.

Padahal ada tiga yang menjadi indikator penilaian di antaranya, transformasi dan rekonstruturisasi kelembagaan, penataan sumber daya manusia (SDM), kemudian perbaikan bisnis plan, rencana kerja dan anggaran perusahaan.

“Sementara kami dari tim percepatan umum sedang merampungkan laporan untuk kemudian diserahkan kepada pak wali mengenai hasil pelaksanaan percepatan penataan BUMD kota Makassar di masing-masing BUMD,” ucap Prof Ilmar. (selfi/fajar)

  • Bagikan