Penamaan Bangunan Wajib Gunakan Bahasa Indonesia, Alvin Lie Kritik Nama Jakarta International Stadium

  • Bagikan
Jakarta International Stadium (JIS). (foto: Instagram @awaneko20)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat kebijakan publik, Alvin Lie mengkritik penamaan stadion kebanggan warga Jakarta, Jakarta International Stadium (JIS) yang tidak menggunakan bahasa Indonesia.

Tak hanya JIS, Eks anggota Ombudsman itu juga menyoroti nama stadion di Banten yakni Banten International Stadium atau BIS.

"Terkait penamaan Stadion di Banten & Jakarta, sebaiknya para pejabat yg berwenang merujuk pada UU 24 tahun 2009, khususnya pasal 36 ayat (3)," kata Alvin Lie melalui akun twitternya @alvinlie21 pada Senin (9/5/2022).

Undang-undang yang dimaksud Alvin Lie adalah UU Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan. Adapun kewajiban penggunaan bahasa Indonesia termaktub dalam Perpres 63 Tahun 2019.⁣

Alvin menyatakan merujuk pada undang-undang tersebut, penamaan bangunan wajib menggunakan bahasa Indonesia.⁣

Dia juga mengunggah salinan Undang-undang tersebut. Bahwa "Bahasa Indonesia wajib digunakan untuk nama bangunan atau gedung, jalan, apartemen atau permukiman, perkantoran, kompleks perdagangan, merk dagang, lembaga usaha, lembaga pendidikan, organisasi yang didirikan atau dimiliki oleh warga negara Indonesia atau badan hukum Indonesia".

Olehnya itu, Alvin menyarankan pemerintah juga menggunakan bahasa Indonesia dalam penamaan stadion JIS. Apalagi kewajiban penggunaan nama bahasa Indonesia tercantum dalam undang-undang dan Perpres.⁣ (dra/fajar)

  • Bagikan