Jangan Anggap Sepele Iritasi Mata, Bisa Jadi Karena Terpapar Virus

  • Bagikan
Penyebab iritasi mata

FAJAR.CO.ID — Iritasi merupakan salah satu gangguan kesehatan mata yang seringkali terjadi pada anak-anak atau orang dewasa.

Gejalanya pun berbeda-beda, tergantung pada tingkat keparahannya. Seperti misalnya mata tidak nyaman, berair, kemerahan, rasa perih, warna kemerahan pada bagian putih mata, hingga mengeluarkan belek atau kotoran mata.

Nah, salah satu penyebab mata iritasi adalah paparan polusi, debu, atau kotoran. Namun tak hanya itu, nyatanya kondisi mata tersebut juga dapat dipicu oleh beberapa penyebab lainnya.

Berikut beberapa penyebab iritasi mata yang perlu kamu ketahui.

LingkunganPenyebab utama iritasi mata datang dari lingkungan, dengan gejala mata terasa gatal dan juga kemerahan.

Penyebabnya adalah debu, serbuk sari bunga, polusi, asap kendaraan dan masih banyak lagi. Umumnya, iritasi mata karena lingkungan ini bisa disembuhkan dengan obat tetes mata biasa. Obat ini mudah kamu temukan biasanya tersedia di apotek atau toko sekitar rumah.

Ifeksi Virus dan BakteriIritasi mata berikutnya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Infeksi virus dan bakteri ini bisanya membuat bagian putih pada mata berwarna kemerahan hingga dapat membuat mata mengeluarkan air lebih banyak dari biasanya dan kelopak mata pun terlihat bengkak.

Untuk jenis virus yang paling sering menyebabkan iritasi mata adalah adenovirus.

  • Bagikan