NasDem Berpeluang Dorong Anies Maju Pilpres sebagai Calon Tunggal

  • Bagikan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Partai NasDem akan segera menentukan sosok jagoannya dalam Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, Ibnu Hadjar Yusuf, mengungkapkan, nama Anies Baswedan merupakan salah satu figur yang berpotensi diusung oleh partai besutan Surya Paloh tersebut.

"Besar kemungkinannya dan besar peluangnya NasDem dorong Anies capres 2024 sebagai capres tunggal Partai NasDem," katanya.

Menurut akademisi UIN Alauddin Makassar itu, Rakernas Partai NasDem adalah mekanisme kerja organisasi partai, dan membuka ruang demokrasi dalam menentukan arah pilihan.

Terkait siapa yang akan diusung sebagai Capres 2024 adalah langkah yang tepat dan cepat dalam pergerakan Politiknya.

"Di lain sisi, forum rakernas ini juga menjadi pemetaan figur-figur yang potensial dari survei yang dilakukan oleh internal partai Nasdem terkait figur yang dominan diminati khalayak ramai dalam momentum Pilpres 2024 sebagai bagian dari sirkulasi elit," terangnya.

Sementara, Pengamat kepemiluan, Dr Nurmal Idrus menilai, NasDem punya kesempatan mengusung figur baik internal mapun eksternal pada capres 2024.

Dikatakan, NasDem sangat berkepentingan dengan capres 2024. Oleh karena itu, akan sangat memengaruhi elektabilitas mereka di Pemilu.

"Bisa saja mengusulkan calon. Figur capres yang tepat, akan mendongkrak keterpilihan mereka di Pemilu," urai Nurmal.

Mantan ketua KPU itu menjelaskan bahwa bandul pilihan capres NasDem terlihat lebih condong untuk mencari di luar gabungan koalisi besar PDIP dan Gerindra.

"Itu karena mereka tak mau lagi menjadi pelengkap koalisi seperti sekarang di mana mereka didikte oleh PDIP," tuturnya.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Johnny Gerard Plate, menjelaskan bahwa usulan capres tersebut akan disampaikan melalui mekanisme di rakernas. Menurutnya, ada beberapa calon yang akan diajukan.

  • Bagikan