Bawang Bombay Ampuh Atasi Rambut Beruban, Mitos atau Fakta?

  • Bagikan
Bawang bombay

FAJAR.CO.ID — Tahukah kamu, banyak bahan makanan yang sering digunakan untuk memasak ternyata juga bisa memberikan manfaat untuk perawatan rambut lho. Salah satunya adalah bawang bombay.

Meskipun jenis bawang yang satu ini terkenal akan aromanya yang kuat, tetapi bawang bombay ternyata bisa memberikan manfaat yang besar bagi rambut dan kulit kepala. Namun, benarkah demikian? Yuk, Simak berikut penjelasannya.

Perlu diketahui, bahwa rambut yang sudah memutih tidak bisa dikembalikan lagi warnanya. Selain dengan cat rambut, begitu folikel rambut menghasilkan rambut, warnanya sudah tetap dan tidak bisa diubah.

The Harvard Health mengatakan bahwa sekali rambut sudah berubah warna menjadi cokelat, abu-abu, atau putih, warna itu tidak akan pernah berubah, kecuali memakai pewarna rambut.

Lantas benarkah bawang bombay bisa mengatasi rambut beruban?

Sampai saat ini, belum ada bukti bahwa bawang bombai bisa mengembalikan uban menjadi hitam kembali. Meski begitu, bahan makanan yang satu ini dipercaya bisa membantu mengurangi uban. Hal itu berkat kandungan senyawa antioksidan di dalamnya yang disebut katalase.

Rambut pada kepala orang muda masih berwarna hitam atau warna lainnya, hal itu dikarenakan mereka masih menghasilkan katalase sejumlah besar, yaitu antioksidan yang bisa memisahkan hidrogen dari peroksida dan memblokir perubahan warna rambut. Perlu diketahui juga, uban adalah hasil dari penumpukan hidrogen peroksida.

  • Bagikan