Daftar Makanan Penyebab Bisul Bertambah Parah

  • Bagikan
Ilustrasi makanan cepat saji

FAJAR.CO.ID -- Beberapa makanan ini memang terlihat enak, terlebih lagi banyaknya menu yang menggugah selera untuk dimakan. Namun tahukah anda, ternyata ada beberapa makanan yang dapat menjadi pemicu bisul semakin parah.

Banyak yang percaya bahwa bisul hanya disebabkan oleh infeksi bakteri pada kulit yang memicu pembengkakan hingga memunculkan benjolan merah yang bernanah.

Padahal bisul tersebut dapat muncul akibat dari mengonsumsi makanan yang kurang sehat dan bersih. Nah, Apa saja sih makanan penyebab bisul semakin parah? Berikut ini daftarnya.

Gula

Gula merupakan makanan manis yang memang sangat nikmat bila dikonsumsi, namun apabila dikonsumsi terlalu berlebihan tidak lagi baik bagi kesehatan.

Pasalnya, Gula adalah salah satu penyebab bisul menjadi bertambah parah. Hal ini dikarenakan indeks glikemiks pada gula terbilang cukup tinggi. Gula darah yang tinggi tadi dapat membuat kerja insulin dalam tubuh menjadi lebih berat.

Hal ini akan memicu hormon untuk memproduksi kelenjar minyak secara berlebih, akibatnya kadar minyak menjadi meningkat.

Peningkatan kadar minyak inilah yang menjadi penyebab terjadinya bisul. Sebaiknya batasi konsumsi gula harian untuk mencegah bisul menjadi semakin parah.

Susu

Bisul dapat terjadi pada semua kalangan tidak terkecuali padaanak-anak. Susu merupakan minuman Yang banyak diminati terlebih anak kecil yang memang sangat menyukai susu.

Bagi anak-anak yang memiliki riwayat alergi susu, akan sangat rentan terkena bisul. Disebabkan Protein pada susu memang tidak cocok bagi sebagian orang sehingga dapat menimbulkan infeksi kulit dalam bentuk alergi.

Nah, Reaksi Alergi ini bisa berupa rasa gatal, kemerahan permukaan kulit, dan bisa berupa bisul.

Untuk itu dianjurkan bagi yang memiliki riwayat alergi pada susu protein sapi untuk mengganti dengan protein susu kedelai yang aman bagi semua usia termasuk pada anak.

  • Bagikan