Jokowi Tak Disambut Pejabat Amerika Serikat, Said Didu Ungkap Tiga Dugaan Penyebabnya

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington D.C., Amerika Serikat, Selasa (10/5/2022). Foto: ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Muhammad Said Didu mengungkapkan dugaan alasan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak disambut pejabat Amerika Serikat saat tiba di Washington.

Melalu akun Twitter pribadinya, Said Didu mengungkapkan ada tiga dugaan presiden Jokowi tidak mendapatkan sambutan dari Joe Biden.

"Tdk adanya penyambutan Presiden RI oleh pihak AS, yg terjadi adalah : 1) sbg tamu yg baik, Bpk Presiden tdk mau merepotkan tuan rumah.
2) pjbt AS menghargai Presiden shg tdk mau bicara di Bandara, 3) pjbt AS tdk mau mendahului penybutan Elon Mask. Sudah jelas ?,"ungkapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali jadi sorotan saat melawat ke Washington DC, Amerika Serikat untuk menghadiri pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS).

Presiden Jokowi dan rombongan mendarat di Washington DC pada pukul 21.40 waktu setempat, Selasa 10 Mei 2022.

Saat kedatangan Jokowi, tampaknya tidak ada sambutan mewah untuk Presiden ke-7 Indonesia itu.

Bahkan dalam tayangan di kanal YouTube Sekretariat Presiden tidak tampak pejabat negara Amerika Serikat yang menyambut.

Hanya ada Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani beserta istri yang berdiri di sisi karpet merah, dan protokoler militer AS yang membawa dua bendera Indonesia dan tuan rumah. (Ikbal/fajar)

  • Bagikan