Pernyataan Terbaru Wagub DKI Jakarta soal Penggunaan JIS untuk Kegiatan Kampanye

  • Bagikan
HomeJabodetabek Wagub Ariza Klaim Jakarta Masuk Zona Hijau Covid-19 JABODETABEK 23 Agustus 2021, 12:09:32 WIB Wagub Ariza Klaim Jakarta Masuk Zona Hijau Covid-19 X Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria. (Twitter@DKIJakarta/Antara)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut Jakarta International Stadium (JIS) bisa digunakan untuk kegiatan politik salah satunya kampanye.

Pernyataan terbarunya ini menyangkal apa yang dulu sempat Riza sampaikan. Sebab, dia sempat melarang JIS digunakan untuk kampanye.

“Nanti kalau masa kampanye 2024 kan selama ini di stadion. Kalau dimungkinkan (bisa) di JIS,” kata Riza di Balai Kota DKI, Jumat (13/5).

Namun, bawahan Anies Baswedan ini menegaskan penggunaan JIS tetap mengikuti proses dan mekanisme yang sudah ditetapkan.

Sebelum menggunakan stadion kandang klub Persija itu, calon pengguna harus terlebih dulu mengajukan izin.

Pemohon juga diminta menjelaskan dengan rinci maksud dan tujuan penggunaan JIS. “Nanti akan diputuskan oleh Jakpro yang terbaik untuk apa,” kata dia.

Politikus Gerindra ini menerangkan kampanye di JIS juga harus ada persetujuan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Mereka yang menentukan mana titik-titik yang dimungkinkan, kalau selama ini kan yang terbesar di GBK. Nanti diserahkan kepada KPU apakah JIS bisa,” ujar Riza.

Eks anggota DPR RI ini menyebutkan JIS memang dirancang tak hanya untuk pertandingan sepak bola. Berbagai kegiatan seperti konser musik, pameran, pertunjukan seni budaya, hingga kegiatan keagamaan juga bisa dilakukan di JIS.

  • Bagikan