Koalisi Golkar, PAN dan PPP Masih Dinamis, Eddy Soeparno Sebut Masih Buka Peluang Partai Lain Bergabung, Begini Syaratnya…

  • Bagikan
Sekjen PAN Eddy Soeparno

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) berkomitmen untuk membentuk Koalisi Indonesia Bersatu untuk pemilu 2024. Koalisi ini juga masih membuka peluang kepada partai lain jika ingin bergabung.

“Kita ini bukan suatu koalisi yang eksklusif, kita mencoba merangkul semua sebanyak mungkin yang bisa ikut hadir untuk membantu memikul beban berat ini,” kata Sekjen PAN, Eddy Soeparno kepada wartawan, Sabtu (14/5).

Eddy mengatakan, partai lain boleh bergabung selama memiliki satu visi yang sama. Selain itu, juga sepandangan menolak politik identitas yang bisa mempolarisasi kehidupan masyarakat.

“Syaratnya sama saja persepsinya, kita ingin menghadiri politik gagasan, kita ini menjauhi politik identitas, pokoknya kita ingin merajut kebersamaan, merajut persatuan,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto melakukan pertemuan dengan dua ketua umum partai politik. Kedua elite parpol yang ditemui Airlangga yakni Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa dan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Pertemuan tiga pucuk pimpinan parpol itu digelar di Rumah Heritage, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5). Pertemuan ketiganya disebut forum silaturahmi.

Usai melakukan pertemuan yang digelar secara tertutup, Airlangga mengisyaratkan koalisi antara para ketua umum partai politik tersebut. “Kita ini bertiga dan bersatu,” ungkap Airlangga.

“Bersatu adalah beringin, surya alam, dan Baitullah. Jadi, kalau pohon beringin harus disinari oleh matahari, dia akan menjadi hijau. Dan, kalau sudah tumbuh bisa sama-sama membangun dan melanjutkan mendapatkan ridha Allah SWT,” sambungnya. (jawapos/fajar)

  • Bagikan