Tiga Ketum Parpol Indikasi Bentuk Koalisi, PKB: Kami Berharap di Pilpres 2024 Minimal Tiga Pasangan

  • Bagikan
Wakil Ketua PKB, Jazilul Fawaid

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menangkap sinyal akan adanya 3 pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 mendatang. Hal itu menyusul adanya pertemuan antara Ketua umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa.

Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu Jazilul Fawaid menilai positif jika ketiga partai tersebut menjalin koalisi. PKB juga menginginkan adanya 3 calon pasangan untuk pemilu mendatang.

“Tentu kami mengapresiasi pertemuan tiga partai. Ini bagian dari mencari alternatif-alternatif untuk masyarakat. Dan kami berharap di Pilpres 2024, jangan dua pasangan, minimal tiga pasangan. Dengan adanya pertemuan ini, saya melihat di Pemilu 2024 akan ada tiga pasang calon,” ujar Jazil kepada wartawan, Sabtu (14/5).

Sementara itu, terkait kemungkinan PKB juga merapat ke koalisi tersebut, Jazil mengaku partai terbuka untuk berkomunikasi dengan partai manapun. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar juga sudah menjalin komunikasi dengan Airlangga Hartarto dan sejumlah parpol lain.

”Gus Muhaimin sudah berkomunikasi dengan Pak Airlangga dan juga dengan parpol lain, tetapi untuk tiga parpol yang berkumpul kemarin, PKB belum memastikan sikapnya, apakah bareng-bareng atau nanti membangun koalisi yang lain,” imbuhnya.

Jazil berharap parpol-parpol bisa segera menentukan calon presidennya. Sehingga masyarakat bisa bisa leluasa memberikan penilaian terhadap capres dan cawapres yang akan diusung. ”Jadi tidak mendadak-mendadak. PKB sendiri sudah jelas mengusung Gus Muhaimin sebagai capres 2024,” pungkasnya.

  • Bagikan