Ketahui 5 Mitos Seputar Sunscreen dan Tips dari Dokter

  • Bagikan
Ilustrasi pemakaian tabir surya (Dok. Pink Villa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu tahapan skincare yang sangat penting. Hal ini karena dapat melindungi kulit kita dari bahaya radiasi sinar matahari yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Fungsinya mulai dari hiperpigmentasi, penuaan dini, sampai kanker kulit. Akan tetapi beberapa mitos soal sunscreen juga beredar di masyarakat dan membuat kita bertanya soal kebenarannya.

Menurut Medical Innovation Expert BeautyHaul, dr. Claudia Christin, setiap orang wajib menggunakan sunscreen minimal SPF 15+ yang perlu diaplikasikan ulang (re-apply) setiap dua jam. Namun sayangnya, masih banyak orang yang belum memahami pentingnya sunscreen atau sering terjebak dalam mitos-mitos, sehingga tidak menggunakannya secara maksimal.

Penasaran apakah sudah menggunakan sunscreen dengan tepat dalam rutinitas skincare harianmu? Ketahui 5 mitos seputar sunscreen bersama Medical Innovation Expert BeautyHaul, dr. Claudia Christin.

  1. Sunscreen cukup dioleskan sekali selama seharian

Banyak orang yang mengira bahwa menggunakan sunscreen satu kali sudah cukup untuk melindungi kulit dari sinar UV seharian penuh. Namun faktanya, seberapapun tingginya tingkat SPF yang sunscreen kita miliki, perlindungan tersebut akan memudar fungsinya dalam dua jam. Maka dr. Claudia menyarankan kita untuk re-apply sunscreen setiap dua jam agar kulit tetap terlindungi. Dalam pengaplikasian ulang tersebut, kita dapat memilih sunscreen berbentuk spray atau stick yang lebih praktis dan meminimalisir lunturnya riasan wajah yang telah kita gunakan.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan