Habib Bahar bin Smith: Percuma Kiai Bodoh Begini, Ya Sudah Selesai Ini Yang Mulia

  • Bagikan
Bahar Smith alias Habib Bahar

FAJAR.CO.ID, BANDUNG – Habib Bahar bin Smith kembali menjalani sidang kasus penyebaran kabar hoaks di Pengadilan Negeri (PN) Bandung Kelas IA, Jalan LLRE Martadinata, Selasa (17/5).

Dalam persidangan ini, jaksa penuntut umum (JPU) menghadirkan saksi yang merupakan pimpin Ponpes Darussyifa Faisal Sobari.Seusai Faisal menyampaikan keterangan di hadapan majelis hakim, Habib Bahar lantas mencecar saksi tersebut.

Bahar sempat menyinggung gelar ‘ulama’ pada BAP yang ditandatangani Faisal. Bahar lantas mengetes kemampuan keagamaan Faisal, mulai dari mazhab, mata pelajaran, hingga kitab yang dipakai dalam mempelajari atau mengajarkan agama.

“Saudara belajar apa saja saat sekolah? Mata pelajarannya apa saja?” tanya Bahar sebagaimana dikutip dari jabar.jpnn.com.

“Quran, hadis, shorof, balaghah, dan fiqih,” jawab Faisal.

Bahar kemudian mencecar Faisal dengan dalil Al-Qur’an guna membahas perbedaan berkerumun dengan kegiatan Maulid Nabi, yang menjadi pokok permasalahannya.

“Ada yang bagian dari sesuatu yakni memiliki hukum dan sebagian daripada sesuatu bisa berarti hukum dari semua,” jelas Bahar.

“Jadi, intinya begini maulid dan kerumunan, maulid itu juz’i nya jadi sebagian, keseluruhannya adalah kerumunan,” jelasnya.

Bahar menjelaskan dalam hal ini tidak bisa dipisahkan antara kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan kerumunan.

“Karena maulid itu berkumpulnya orang-orang untuk beribadah, memperingati Maulid Nabi (Muhamad SAW),” terangnya.

  • Bagikan