Makan Nanas Saat Hamil Sebabkan Keguguran? Ternyata Ini Fakta yang Jarang Diketahui

  • Bagikan
Buah nanas aman buat ibu hamil

FAJAR.CO.ID — Buah Nanas selalu menjadi buah yang ditakuti ibu hamil sebab efeknya dipercaya dapat menyebabkan keguguran. Sehingga banyak para wanita memilih menghindari jenis buah ini selama masa kehamilan.

Namun banyak yang tidak tahu ternyata buah nanas merupakan buah yang sangat bernutrisi bagi ibu hamil.

Nah, untuk mengetahui apa saja manfaat dan keamanannya, simak penjelasan berikut ini :

Terkait dugaan buah nanas memiliki efek yang tidak baik buat kehamilan ternyata hal itu tidak benar, justru buah nanas sangat aman bagi ibu hamil jika dikonsumsi dalam jumlah sedang selama kehamilan.

Meskipun benar nanas mengandung enzim yang meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil, enzim dalam buah nanas ini ada dalam jumlah yang sangat kecil sehingga tidak masalah untuk dikonsumsi selama masa kehamilan.

Dari jurnal berjudul Properties and Therapeutic Application of Bromelain: A Review, anggapan tersebut adalah mitos yang terkait dengan fakta bahwa nanas mengandung bromelain, yaitu enzim pencernaan.

Bromelain telah terbukti dapat meningkatkan risiko keguguran, tetapi hanya terkandung dalam jumlah yang kecil pada buah nanas.

Jadi mengonsumsi satu porsi nanas selama masa kehamilan tidak akan mempengaruhi kehamilan atau menyebabkan keguguran.

Hanya saja, setiap kehamilan tentunya punya kondisi yang berbeda-beda. Pastikan untuk berkonsultasi dengan bidan atau dokter kandungan bila ingin mengonsumsi nanas saat hamil.

  • Bagikan