Persiapan Menuju Pilpres 2024, Koalisi Indonesia Bersatu Cari Sosok Capres dan Cawapres dengan Sosok seperti Ini

  • Bagikan
Politisi PPP, Achmad Baidowi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan melakukan komunikasi politik sebagai persiapan menuju Pemilu 2024. Sinergi Partai Golkar, PAN, dan PPP itu ingin mencari sosok calon presiden (capres) maupun calon wakil presiden (cawapres) yang bakal diusung.

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengatakan, nama bakal capres-cawapres dari KIB masih terbuka. Pihaknya belum memutuskan siapa sosok atau figur yang akan diusung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Terkait Partai Golkar yang sudah memutuskan ingin mengusung ketua umumnya, Airlangga Hartarto, sebagai capres, PPP menghormati keputusan tersebut. ”Kami tentu akan terus memantau perkembangan elektabilitas beliau (Airlangga Hartarto),” terang dia kepada Jawa Pos kemarin (16/5).

Awiek, sapaan akrab Achmad Baidowi, mengatakan bahwa selain Airlangga, Ketum PPP Suharso Monoarfa dan Ketum PAN Zulkifli Hasan sama-sama berpeluang. Namun, KIB juga membuka peluang mengusung figur di luar tiga pimpinan partai KIB.

Menurut dia, bisa jadi sosok kandidat terpilih itu berasal dari luar Golkar, PAN, dan PPP. ”Kemungkinan itu ada. Kondisinya masih sangat cair,” terang wakil ketua Baleg DPR RI tersebut.

Terpisah, Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyatakan tidak mau berandai-andai terkait sosok yang akan diusung. Sebab, pemilu masih cukup jauh. KIB akan betul-betul serius dan cermat dalam membahasnya.

Saat ini, kata dia, KIB baru akan membahas kriteria dan parameter capres dan cawapres yang akan diusung. Hal itu sangat penting sebagai panduan dalam menentukan calon nanti. ”Kami tidak pakai ilmu kira-kira, Mas. Tapi, pakai ilmu pasti. Nanti dipastikan secara resmi,” kata Viva. (jpg/fajar)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan