UAS Ditolak Datang oleh Singapura Bukan Dideportasi, Husin Alwi: Berarti Lebih Parah!

  • Bagikan
Husin Alwi Shihab / Instagram

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pegiat media sosial, Husin Alwi Shihab merespon penolakan Ulama kondang Ustad Abdul Somad (UAS) oleh Singapura.

Sebelum disebutkan Ulama kondang itu dideportasi oleh imigrasi Singapura.

Namun, terakhir Pensosbud KBRI membantah jika UAS bukan dideportasi melainkan ditolak izinnya untuk berkunjung ke negeri Singa itu.

Menanggapi itu, Husin menyebut jika penolakan lebih parah ketimbang deportasi.

“Berarti lebih parah kalau ditolak masuk ke Singapura,” ucap Husin dilansir fajar.co.id dari twitter pribadinya, Selasa (17/5/2022).

“Kalau dideportasi artinya pernah diterima oleh negara yang bersangkutan namun kemudian dibalikkan ke negara asalnya karena bermasalah. Kalau gini kayaknya UAS sudah diblacklist di Singapura,” pungkasnya.

Sebelumnnya, Kepala Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (Pensosbud KBRI) di Singapura Ratna Lestari meluruskan informasi terkait Ustaz Abdul Somad atau UAS.

Ratna memastikan UAS bukan dideportasi Imigrasi Singapura. Kabar UAS dideportasi menyebar luas dengan cepat di media sosial.

“Saya mau meluruskan, petugas Imigrasi menyatakan beliau (UAS) tidak dideportasi, tetapi ditolak izin masuknya ke Singapura karena tidak memenuhi kriteria warga asing ke Singapura,” kata Ratna Lestari kepada Antara, Selasa (17/5).

Ratna mengatakan peristiwa itu terjadi saat UAS mengecek paspor di pintu masuk Imigrasi Singapura.

“Belum masuk ke Singapura dan izin masuknya ditolak,” tutur Ratna.

  • Bagikan