Dinas PKP Parepare Kerahkan Petugas Antisipasi Virus PMK

  • Bagikan
Ilustrasi. (int)

FAJAR.CO.ID, PAREPARE — Dinas Pertanian, Kelautan, dan Perikanan (PKP) Kota Parepare bergerak sigap mengantisipasi ancaman virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang ternak sapi.

Tim langsung dibentuk di setiap kecamatan untuk memastikan semua hewan ternak yang ada di Kota Parepare terbebas dari PMK. Termasuk juga mengidentifikasi semua proses perawatannya.

Kepala Dinas PKP Parepare, Wildana menegaskan, semua kandang ternak selalu diperiksa dan garus dalam kondisi steril. Tidak boleh ada penumpukan kotoran maupun genangan air.

”Kami sudah bentuk tim di setiap kecamatan, jadi ada empat tim. Mereka sudah bekerja untuk memastikan semua hewan ternak di Parepare aman dan sehat,” ujarnya kepada FAJAR, Rabu, 18 Mei.

Lebih lanjut Wildana mengatakan, untuk mengantisipasi adanya hewan ternak berpenyakit yang masuk dati luar Parepare, pihaknya menggandeng Balai Karantina Hewan dan pihak pemotongan hewan.

”Nah kalau hewan yang dari luar Parepare, kami kerjasama dengan Balai Karantina Hewan. Memang mereka yang memantau arus lalu lintas hewan,” lanjutnya.

Kemudian, Dinas PKP juga menggandeng pihak kepolisian, untuk memastikan semua peternak menyuplai hewan ternaknya sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan.

”Kami juga gandeng Polres. Jadi kalau ada peternak yang nakal, menjual hewan tidak sesuai dengan standar, Polres yang turun tangan,” tutupnya. (widyawan/fajar)

  • Bagikan