Mimpi Presiden Jokowi Soal Mobilitas Kendaraan Listrik di IKN Nusantara Segera Terwujud, Elon Musk Sudah Komitmen Kerjasama dengan Indonesia

  • Bagikan
Jokowi Bertemu Elon Musk

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah Indonesia serius menggaet investasi Tesla untuk pengembangan pabrik baterai dan mobil listrik di dalam negeri.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan , sudah ada komitmen dari Elon Musk untuk soal ini.

“Tesla kemarin itu Insya Allah akan diumumkan nanti pada waktunya. Pasti banyak wartawan nanya saya berapa investasinya, Bapak Presiden sudah membangun komitmen itu,” ujar Bahlil saat Road to G20 Investment Forum, Rabu (18/5/2022).

Progres negosiasi pemerintah dengan perusahaan mobil listrik ternama milik Elon Musk, Tesla Inc, untuk investasi di sektor hilirisasi nikel di Indonesia, berlangsung baik.

Berawal dari pertemuan dengan Menko Luhut, kemudian disusul pertemuan dengan Presiden Jokowi. Kerjasama pengembangan pabrik baterai dan mobil listrik di dalam negeri dengan Elon Musk akan segera terwujud.

“Begitu terjadi antara Cina dan Korea, Eropa enggak mau kalah, kita bikin agitasi. Saya datang ke Jerman, VW sama BSF akan masuk ke Indonesia, termasuk Inggris akan bekerja sama dengan salah satu perusahaan Bakrie Group,” tutur Bahlil.

Dia melanjutkan, selain Tesla yang baru-baru ini berminat, perusahaan elektronik multinasional Foxconn juga akan memasukkan investasi ke Indonesia.

“Foxconn akan masuk ke 3 hal, yaitu mobilnya, ekosistem baterainya, kemudian dia membangun chip untuk telekomunikasi, itu bangunnya di Batang,” imbuh Bahlil.

  • Bagikan