Balita Juga Bisa Terkena Diabetes, Waspada Berdampak Serius

  • Bagikan
Ilustrasi balita

FAJAR.CO.ID — Diabetes merupakan masalah kesehatan yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah.

Penyakit yang dikenal juga dengan julukan ‘penyakit kencing manis’ ini berkembang ketika pankreas yang menghasilkan hormon insulin tidak bekerja dengan baik, atau ketika tubuh tidak menggunakan insulin dengan benar.

Diabetes merupakan penyakit yang cukup umum yang bisa dialami oleh siapa saja, termasuk anak-anak.

Meskipun jarang terjadi, bayi di bawah umur 5 tahun (balita) bisa juga terkena diabetes. Bahkan bisa menyebabkan dampak yang serius.

Oleh karena itu, orangtua perlu untuk mewaspadai penyakit ini dengan mengenali ciri-ciri diabetes pada balita di sini.

Sering Buang Air Kecil

Ketika kadar gula dalam darah tinggi, ginjal berusaha menjaga keseimbangan dengan mengeluarkan gula yang berlebih melalui urin. Akibatnya, balita yang mengidap diabetes akan sering buang air kecil. Jadi, bila ibu menemukan jumlah popok basah meningkat, hati-hati, hal itu bisa menjadi ciri diabetes pada balita.

Berat Badan Menurun Tanpa Sebab

Balita yang mengidap diabetes juga bisa mengalami penurunan berat badan, meski porsi makan mereka cukup atau bahkan lebih banyak.

Kelelahan Ekstrem

Karena sel-sel tubuh tidak mendapatkan pasokan gula yang cukup untuk energi, balita yang mengidap diabetes bisa mengalami kelelahan ekstrem. Lesu, ngantuk, dan sering tidur dalam waktu lama bisa menjadi ciri diabetes pada balita.

  • Bagikan