Hepatitis Misterius Mulai Mengintai, Anggota Komisi IX Ini Minta Hidupkan Kembali Germas secara Masif

  • Bagikan
Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo menyebut, kemarahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait pengadaan alat kesehatan (alkes) di Indonesia yang masih bergantung impor agar menjadi cambukan untuk Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Anggota Komisi IX DPR RI Rahmad Handoyo meminta untuk menghidupkan kembali Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) secara masif.

Hal itu untuk mengantisipasi penyakit Hepatitis akut yang kini tengah mengancam.

Selain itu, masyarakat dimta juga melakukan pola hidup sehat untuk menghidari Covid-19 yang saat ini masih ada.

“Saya kira apa yang sudah disampaikan pemerintah, Germas, kita masifkan lagi, pola hidup sehat kita gerakan lagi, pola makan sehat kita gerakan lagi,” ujar Rahmad saat menjadi narasumber dalam diskusi Dialektika Demokrasi ‘Hepatitis Akut Mengancam, Bagaimana Antisipasinya?’ di Media Center DPR RI, Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Kamis (19/5).

Dia mengimbau masyarakat tidak perlu khawatir dan terus meningkatkan kewaspadaan.

“Pola hidup sederhana dengan cara kita tidak perlu makan berganti-gantian, alat makan kita, kemudian juga masak masakan yang sampai matang, makan makanan yang sehat,” tambah politisi PDI-Perjuangan ini.

Rahmad mengatakan bila penyakit Hepatitis akut itu menjadi tanggung jawab bukan hanya pemerintah saja, tetapi pemerintah daerah, orang tua, dan guru-guru.

Sebab, penyakit tersebut menyerang anak-anak usia 17 tahun ke bawah.

“Saya pikir ini menjadi kolaborasi yang besar antara pemerintah pusat dan seluruh elemen termasuk tokoh-tokoh pendidikan agar kita bersama-sama melawan penyakit hepatitis misterius ini,” ucap legislator dapil Jawa Tengah V itu.

  • Bagikan