Joe Biden Bakal Berkunjung ke Korea Selatan, Korea Utara Langsung Siapkan Uji Coba Nuklir

  • Bagikan
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un bersama dua ajudannya dalam video peluncuran rudal terbaru Korut, Kamis (24/3). Foto: KCNA via Reuters

FAJAR.CO.ID, WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden direncanakan akan melakukan kunjumgan ke Korea Selatan (Korsel).

Intelijen AS melihat ada indikasi Korea Utara (Korut) berencana melakukan uji coba nuklir bersamaan dengan kunjungan Joe Biden yang dimulai pada Jumat, setelah mengatakan pekan lalu bahwa dia sedang mempertimbangkan perjalanan semacam itu.

Pernyataan Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan itu dikemukakan pada Rabu, di Gedung Putih.

Dia mengatakan Biden tidak akan mengunjungi Zona Demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan Korut dan Korsel selama kunjungannya ke Korsel,

“Intelijen kami memang memperlihatkan kemungkinan bahwa akan ada uji coba rudal lebih lanjut, termasuk uji coba rudal jarak jauh, atau uji coba nuklir, atau keduanya, pada hari-hari menjelang, pada, atau setelah perjalanan Presiden ke wilayah tersebut ,” kata Sullivan dalam pengarahan di Gedung Putih.

“Kami sedang mempersiapkan segala kemungkinan,” katanya pula.

Sullivan mengatakan Amerika Serikat berkoordinasi erat dengan Korsel dan Jepang, dan dia juga telah membahas Korut dengan rekannya dari China Yang Jiechi dalam panggilan telepon pada Rabu (18/5).

Perjalanan Joe Biden pada 20-24 Mei akan menjadi yang pertama ke Asia sebagai Presiden AS.

Perjalanan ini akan mencakup pertemuan puncak pertamanya dengan Presiden Korsel Yoon Suk-yeol, yang mulai menjabat pada 10 Mei dan telah bersumpah akan bertindak lebih keras terhadap “provokasi” Korut.

  • Bagikan