Nikmati Akhir Pekan Sambil Belajar Aneka Jenis Tumbuhan Langka di Kebun Raya Jompie Parepare

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, PAREPARE – Kebun Raya Jompi’e (KRJ) telah menjadi destinasi wisata andalan Kota Parepare. Berbagai jenis tumbuhan langka dan berusia puluhan tahun, ada dalam hutan kota pelabuhan itu.

Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe berhasil menyulap objek wisata biasa dengan suasana khas alam terbuka ini menjadi kebun raya yang diperhitungkan di Indonesia. Bahkan, ditetapkan terbaik di Sulawesi Selatan.

Tumbuhan langka yang sudah berusia sangat tua di Kebun Raya Jompi’e (KRJ) di antaranya, pohon-pohon jati dan cenrana angsana tua. Ukurannya besar dengan akar panjang teruntai.

Tersedia pula fasilitas peristirahatan di sepanjang jalur pedestrian ketika ingin menikmati kesegaran udara. Atau sekadar ingin duduk di tengah rimbun hijau pepohonan hutan dan mendengarkan kicau berbagai jenis burung yang ada di hutan ini.

Spot foto menarik tentu saja tak ketinggalan memanjakan pengunjung yang ingin mengabadikan gambar, baik saat liburan bersama keluarga maupun sebagai lokasi edukasi atau pendidikan.

Hutan kota ini berada di area perbukitan dan lembah-lembah di jantung kota cinta. Puncak bukit dalam kawasan wisata menawarkan pemandangan sebagian besar kota Parepare yang berada di pesisir teluk.

Hutan Kota Jompie juga menyediakan berbagai fasilitas lain yang mendukung berbagai aktivitas wisata.

Kebun Raya Jompie kini dikelola dengan manajemen yang baik dan profesional. Di Indonesia, hanya ada dua kota yang memiliki kawasan hutan kota alami yang luas, yaitu kota Bogor dan Parepare.

  • Bagikan