Kunyit si Anti Biotik Alami Juga Ampuh Memutihkan Gigi, Benarkah?

  • Bagikan
Ilustrasi. Kunyit. foto: envato elements

FAJAR.CO.ID — Siapa sih yang tidak mengenal kunyit. Salah satu rempah-rempah yang memberikan warna kekuningan dan aroma yang khas pada masakan. Selain sebagai penyedap rasa, kabarnya kunyit dapat memutihkan gigi. Benarkah?

Kunyit dipercaya bermanfaat untuk membantu memutihkan gigi. Ini tak lepas dari kandungan kurkumin di dalamnya.

Kurkumin memiliki khasiat sebagai antibakteri, antioksidan, antiinflamasi, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, kunyit menjadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk peradangan akibat bakteri.

Namun, benarkah penggunaan kunyit efektif untuk memutihkan gigi? Faktanya, tidak banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Menurut penelitian yang membandingkan antara kunyit dan beberapa bahan lain, bahwa manfaat kunyit untuk memutihkan gigi ternyata kurang baik ketimbang bahan pemutih gigi lainnya.

Jadi, anggapan kunyit dapat memutihkan gigi masih kurang tepat. Meski demikian, penggunaan kunyit kemungkinan dinilai lebih aman bila dibandingkan mencoba memutihkan gigi dengan arang .

Nah, setelah mengetahui faktanya, tidak masalah jika ingin mencoba.

Diketahui bahwa kunyit memiliki manfaat dalam mengatasi masalah gigi diantaranya.

Meredakan Rasa Nyeri

Selain bersifat anti-inflamasi, kandungan curcumin dalam kunyit bersifat analgesik yaitu dapat menghilangkan rasa sakit akibat sakit gigi berlubang, dan infeksi mulut untuk sementara waktu.

Studi juga telah menemukan bahwa kandungan curcumin dalam kunyit mungkin sama efektifnya dengan obat antiinflamasi steroid.

  • Bagikan