Pilpres 2024, Refly Harun: PDIP Tidak Tergantung dengan Partai Lain

  • Bagikan
Puan Maharani, Refly Harun, dan Ganjar Pranowo

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ahli hukum tata negara Refly Harun menilai PDIP memiliki keunggulan dalam mengusung calon presiden (Capres) pada Pilpres 2024. Menurutnya, ada mitra koalisi maupun tidak, partai berlambang banteng moncong putih ini tetap bisa mengusung calonnya.

Dia merinci, PDIP memiliki 128 kursi di DPR RI 2019-2024. “PDIP memiliki 128 kursi yang bisa buat maju sendiri, tidak tergantung dengan partai yang lain. Mau ada Mitra koalisi PDIP tetap bisa maju, tidak ada mitra koalisi, maju juga,” bebernya.

Dilema di tubuh PDIP

Menurutnya, dalam survei Ganjar selalu menempati 3 besar di antara calon yang digadang-gadang untuk maju calon presiden, seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan lain sebagainya.

“Ganjar selalu digadang-gadang sebagai calon terkuat melebihi Anies Baswedan dan hanya kalah dari Prabowo Subianto,” bebernya.

Sementara, kata Refly Harun, Prabowo adalah sosok lama. “Kalau sekarang dia unggul itu hal wajar, tapi satu tahun atau dua tahun ke depan belum tentu,” urainya.

Menurutnya, Ganjar yang juga kader PDIP berasal dari rahim PDIP. Ganjar menjadi jagoan dari the ruling party sesungguhnya, Karena dia berasal dari rahim the ruling party,” jelas Refly Harun.

Hanya saja, di internal PDIP sendiri tampak ketidaksukaan terhadap sosok Gubernur Jawa Tengah itu. “Internal PDIP sendiri, yang diwakili Puan Maharani tidak begitu suka dengan Ganjar,” bebernya.

  • Bagikan