Antisipasi Penyebaran Hepatitis Akut, Satuan Pendidikan Diminta Tingkatkan Kebersihan

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Hepatitis akut yang belum diketahui kembali mengintai ruang gerak masyarakat Indonesia, utamanya anak-anak. Pemerintah meminta satuan pendidikan hingga Dinas Pendidikan terus meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan.

Demikian disampaikan Anang Ristanto selaku Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud dalam diskusi daring yang digelar Forum Merdeka Barat 9 bertajuk "Hepatitis Akut Dicegah, Sekolah PTM Aman" pada Senin (23/5/22).

"Masyarakat, khusus pada satuan pendidikan, kami harapkan tetap tenang dan melaksanakan anjuran pencegahan penularan hepatitis akut dengan meningkatkan kebersihan diri dan lingkungan serta menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat," kata Anang.

Menurutnya, protokol kesehatan hepatitis akut yang belum diketahui ini, selaras dengan protokol pembelajaran tatap muka di masa pandemi. Hal ini, tambahnya, tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) empat menteri tentang panduan penyelenggaran pembelajaran di masa pandemi covid-19.

Anang menyebutkan, sejauh ini pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas berjalan aman. Dia memastikan belum ada kasus spesifik hepatitis akut menyerang satuan pendidikan.

"Laporan sejauh ini aman. Dan kami menggunakan data dari Kementerian Kesehatan, ada laporan pantauan anak kepada kami. Dan ini jadi acuan kami untuk penangangan kasus menjamin PTM berjalan baik," ujarnya.

Pihaknya, lanjut Anang, mengajak semua pihak untuk bergotong royong dalam memenuhi hak anak-anak dalam mendapatkan layanan pendidikan, khususnya untuk mencegah terjadinya learning loss dan dampak negatif karena tidak opimalnya pembelajaran di masa pandemi.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan