Jangan Abaikan Asam Lambung, Akibatnya Fatal Bisa Memicu Penyakit Ganas

  • Bagikan
Ilustrasi asam lambung

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Gangguan asam lambung terkadang dianggap sebagai masalah sepele. Sebab, biasanya, masalah pencernaan ini sudah bisa diatasi hanya dengan minum obat maag, istirahat yang cukup, dan menghindari makanan yang memicu asam lambung naik.

Namun banyak yang kurang paham bahwa ternyata kondisi ini tetap perlu diwaspadai dan perlu segera diatasi.

Jika tidak, masalah asam lambung yang dibiarkan terus-menerus dapat memicu penyakit komplikasi yang kemungkinan membahayakan kesehatan bahkan mengancam nyawa penderitanya.

Berikut penyakit komplikasi yang sebabkan asam lambung akibat dibiarkan :

Anemia

Anemia merupakan luka pada lambung yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Hipylori. hal ini ditandai dengan terjadinya pendarahan didalam lambung.

Hal ini yang membuat penderitanya mengalami Anemia dikarenakan jumlah sel darah merah semakin menurun oleh sebab pendarahan pada lambung.

Kanker lambung

Gastritis atau masalah asam lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang sama dengan Anemia yaitu H. pylori, namun bisa dibilang bagian terparahnya.

Pendarahan dalam lambung dari Anemia yang semakin parah pelan menyebabkan tumbuhnya lapisan lambung secara tidak terkendali, hal ini biasa dikenal dengan penyakit autoimun yang seiring berjalannya waktu, pertumbuhan ini dapat meningkatkan risiko kanker pada lambung.

Peritonitis

Peritonitis adalah salah satu komplikasi asam lambung yang perlu diwaspadai. Peritonitis merupakan peradangan pada peritoneum, yaitu selaput tipis yang membatasi dinding perut bagian dalam dengan organ-organ di dalam perut.

  • Bagikan