Perempuan di Pusaran Pilgub Sulsel 2024, Indah dan Andi Ina Dianggap Punya Nilai Jual

  • Bagikan
Perempuan di Pusaran Pilgub Sulsel 2024

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Sulawesi Selatan tak kekurangan figur perempuan potensial yang dianggap layak maju pada Pilgub Sulsel 2024.

Ada Bupati Luwu Utara dua periode, Indah Putri Indriani dan Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari.

Juga Fatimah Kalla, Komisaris Utama Kalla Group yang juga saudari Wakil Presiden (Wapres) ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla; Fatmawati Rusdi, Wakil Wali Kota Makassar; Majdah M Zain, Rektor UIM; dan Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, Rektor Unhas periode 2018-2022.

Ada pula nama lain, misalnya, A Rachmatika Dewi, legislator dua periode DPRD Sulsel yang juga Ketua Nasdem Makassar. Aliyah Mustika Ilham dan A Yuliani Paris, anggota DPR RI asal Sulsel; serta beberapa nama lain.

Khusus Indah Putri dan Ina Kartika Sari, dianggap memiliki langkah lebih dahulu dalam rivalitas dunia politik praktis. Kedua figur ini dinilai sudah punya modal ketokohan dan pengalaman di pemerintahan.

Indah yang sudah dua periode menjabat Bupati Lutra, sedangkan Ina selain menjadi legislator, juga berhasil menduduki kursi Ketua DPRD Sulsel.

Pengamat politik Universitas Negeri Alauddin Makassar (UINAM) Firdaus Muhammad mengatakan figur perempuan yang saat ini bisa maju pada Pilgub Sulsel 2024, hanya Indah dan A Ina. Meskipun keduanya masih punya dua pilihan, apakah ke pilgub atau ke DPR RI.

Selain itu, keduanya juga sudah punya partai. Sama-sama di Partai Golongan Karya (Golkar). A Ina sebagai Bendahara DPD I Golkar Sulsel dan Indah sebagai Ketua DPD II Golkar Lutra.

Hanya, keduanya bisa tersandung dari partainya itu. Pasalnya, Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe (TP) juga bakal maju.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan