Pulau Seribu Dijadikan Pusat Ekosistem Start up Indonesia, Gubernur Anies Ajak Pekerja Digital Bekerja dari Pulau

  • Bagikan
Anies Baswedan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak pekerja digital atau digital nomad untuk bekerja dari Kepulauan Seribu. Dia ingin menjadikan Jakarta dan wilayah sekitarnya penunjang ekosistem start up terbesar di Indonesia.

“Jakarta memiliki potensi yang luar biasa di sektor pariwisata dan wilayah kepulauan yang masih dapat dikembangkan secara khusus menjadi pariwisata kelas global, dengan membawa konsep digital nomad,” pungkas Anies di Kepulauan Seribu, Selasa, (24/5/2022).

Menurut Anies, ada 471 start up atau 39,9 persen start up di Indonesia. Sehingga, memiliki potensi besar mengembangkan ekosistem digital.

Ia mengatakan akses infrastruktur digital di Jakarta sangat memadai dibandingkan wilayah lain di Indonesia. Ada lebih dari 9.000 titik akses WiFi gratis untuk semua melalui program JakWifi.

Guna memfasilitasi kegiatan digital nomad, Anies bakal menyediakan akses internet yang cepat, akses transportasi yang aman dan nyaman. Termasuk, memberikan kepastian akses tempat tinggal, memastikan kebutuhan dasar seperti air bersih, pangan, listrik, dan lainnya.

Anies memerintahkan perangkat daerah terkait menentukan lokasi piloting untuk pengembangan digital nomad di seluruh daerah administratif DKI. Fasilitas di lokasi tersebut bakal ditingkatkan sesuai kebutuhan pengembangan digital nomad.

“Terakhir, akan dibuat sebuah website informasi lokasi digital nomad serta fasilitas pendukung untuk mempermudah para digital nomad dalam mendapatkan informasi,” ujar Anies. (riki/fajar)

  • Bagikan