Trend Penggunaan Aplikasi HR Online Meningkat, Berikut Manfaatnya Bagi Bisnis

  • Bagikan
ILUSTRASI. Aplikasi pembukuan keuangan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tidak hanya bagian keuangan saja yang membutuhkan software untuk membantu pekerjaannya. Begitu pula dengan divisi HR (Human Resource), mereka memerlukan Aplikasi HR online untuk mempermudah tugas-tugas yang ada.

Aplikasi HR online adalah software atau sistem dalam aspek bisnis yang pada dasarnya membantu perusahaan untuk mengatur pengelolaan data informasi karyawan. Sistem yang dirancang pada Aplikasi HR online mendukung banyak fungsi pekerjaan HR sehingga meminimalisir waktu dan tenaga divisi tersebut serta menjaga agar informasi diproses dan tersimpan dengan baik.

Selain itu, Aplikasi HR online juga membantu divisi HR untuk merancang perencanaan berbagai proses kerja yang lebih baik, manajemen budget dan proses pengambilan keputusan.

Jenis-jenis Aplikasi HR online

Ada banyak jenis Aplikasi HR online yang bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi. Beberapa di antaranya mampu mengerjakan hampir semua fungsi HR, sementara yang lainnya mungkin hanya mencakup satu atau dua fungsi saja.

Beberapa jenis Aplikasi HR online meliputi:

  • On-Premises Aplikasi HR online

On-premises Aplikasi HR online adalah software yang diinstal pada komputer perorangan dan dioperasikan dengan cara menghubungkannya pada jaringan internet organisasi atau perusahaan Anda. Bentuk Aplikasi HR online ini hanya bisa diakses dan digunakan dari komputer yang sudah diinstal.

On-premises Aplikasi HR online bersifat lebih aman dan murah dibandingkan dengan software berbasis cloud, namun sulit untuk di-update sehingga banyak perusahaan yang mengaku tidak nyaman menggunakannya.

  • Bagikan