Segel Aset PWI, Pemprov Abaikan Instruksi Ketua DPRD Sulsel

  • Bagikan
IST

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Penyegelan aset PWI oleh Pemprov Sulsel terkesan dipaksakan. Permintaan Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, pun diabaikan.

Press Club PWI Sulsel di Jl AP Pettarani disegel oleh Satpol PP Sulsel, Rabu, 25 Mei 2022. Mereka melilitkan kawat besi di bangunan tersebut.

Ketua Tim Hukum PWI Sulsel, Arman Sewang mengatakan, masalah Hak Pemanfaatan Lahan oleh PWI Sulsel di lahan Pemprov Sulsel sudah dimediasi oleh Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari.

Dari pertemuan ini, kata Arman, Andi Ina telah menginstruksikan agar menunggu proses selanjutnya.

“Kita sudah serahkan ke DPRD Sulsel, tadi malam kita berkomunikasi dengan ketua, dan dia mengatakan bahwa proses ini sudah berjalan. Jadi kita tunggu pertemuan berikutnya, tapi ini belum ada,” ujarnya di hadapan wartawan.

Ia menganggap jika eksekusi dilakukan sebelum adanya keputusan dari DPRD Sulsel, maka Pemprov dianggap melanggar hukum.

Arman juga menyesalkan Pemprov Sulsel tidak bisa memperlihatkan bukti pencabutan hak pemanfaatan dan penggunaan lahan.

“Masa tidak ada pemberitahuan, langsung melakukan pembongkaran,” pungkasnya.

Kasatpol PP Sulsel, Mujiono mengatakan, penertiban dilakukan sesuai SOP yang berlaku. Pasalnya surat teguran sudah dilayangkan dua kali sebelumnya.

“Hanya penertiban tidak ada eksekusi kita sudah melakukan SOP (standar operasional prosedur), kita sudah berikan tiga teguran, berdasarkan PP no 10 thn 2016 tidak ada pinjam pakai kepada pihak swasta,” ujar Mujiono.

  • Bagikan