Sudjiwo Tedjo: Rentenir Berjasa pada Rakyat Kecil, Politisi Hanya Mudah Ditemui Saat Kampanye

  • Bagikan
Sudjiwo Tedjo / Instagram

Di Depan OJK, Sudjiwo Tedjo Bilang Rentenir Sesungguhnya Berjasa, Perlu Dirangkul, Jangan Dikutuk

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Rentenir kerap diistilahkan sebagai lintah darat yang menyedot darah rakyat kecil. Sejak dulu dari timur ke barat Indonesia bahkan dunia, praktik rentenir telah mengiringi denyut nadi perekonomian.

Kebutuhan mendesak terkadang datang secara tidak terduga dan di waktu yang tidak tepat. Sehingga kita membutuhkan dana yang cepat untuk memenuhinya, misalnya saja kebutuhan dana untuk tindakan operasi kesehatan yang mendesak, biaya perbaikan kendaraan karena mengalami kecelakaan, biaya perbaikan rumah yang terkena bencana gempa bumi dan lain-lain.

Ketika dihadapkan pada kondisi tersebut, pastinya yang terlintas di benak kita adalah mendapatkan pinjaman dana yang mudah dan cepat. Di sini rentenir jadi kunci.

Seorang lintah darat atau rentenir dapat menjadi orang dalam jaringan pribadi atau profesional yang menawarkan pinjaman dengan suku bunga tinggi.

Mereka dapat ditemukan di lingkungan yang tidak memiliki rekening bank, di internet, atau melalui jaringan pribadi. Dana mereka biasanya dari sumber yang tidak dikenal, dan mereka bekerja untuk bisnis pribadi atau entitas yang tidak terdaftar.

Dari segala imej negatif rentenir yang selama ini dikutuk warga, budayawan Sudjiwo Tedjo justru memiliki pandangan sebaliknya.

Menurutnya rentenir sesungguhnya berjasa, perlu dirangkul dan jangan dikutuk.

  • Bagikan