DPR RI Dorong UMKM Masuk Ekosistem Digital untuk Menjadi Penggerak Ekonomi Nasional

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Digitalisasi telah menjadi solusi bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan koperasi untuk terus berkembang di tengah masa pandemi Covid-19.

Momentum tersebut harus terus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan jumlah pelaku UMKM ke dalam ekosistem digital.

"Memulihkan geliat ekonomi nasional merupakan pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh Pemerintah dan juga masyarakat. Kita tidak boleh membebankan ini sepenuhnya kepada pemerintah. Kita harus bekerja sama mendukung pemerintah karena tanpa adanya dukungan masyarakat geliat ekonomi tidak bisa pulih", Ujar Anggota Komisi 1 DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Krisantus Kurniawan dalam Webinar Ngobrol Bareng Legislator dengan Tema Literasi Digital bagi Pelaku UMKM, Rabu (25/5/2022).

Krisantus mengatakan, Pemerintah saat ini tengah bekerja keras untuk membangkitkan geliat ekonomi dengan memasukan pelaku UMKM dalam ekosistem digital.

UMKM merupakan penggerak ekonomi nasional karena bisa membantu pertumbuhan ekonomi dalam negeri terutama daerah.

"Kondisi ekonomi nasional tidak begitu baik, setelah dilanda pandemi Covid-19. UMKM bisa menjadi solusi untuk kembali menggerakkan roda perekonomian Indonesia", Ucap Krisantus.

Dalam pemaparannya Krisantus berharap pemerintah dapat mengatasi tidak meratanya fasilitas dan infrastruktur untuk pengembangan internet khususnya didaerah luar pulau Jawa.

Krisantus menambahkan banyak didaerah yang belum tersambung dengan internet bahkan, termasuk dalam Black Area"Membangun fasilitas dan infrastruktur internet cepat dan di Indonesia dengan harga yang terjangkau, adalah pekerjaan rumah pemerintah.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan