Mengenal Laporan Stok Barang, Manfaat dan Cara Membuatnya

  • Bagikan
Ilustrasi Aplikasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA–Hadirnya software akuntansi telah memberi kemudahan kepada setiap perusahaan dagang untuk membuat laporan stok barang otomatis. Selain itu, keberadaan gudang penyimpanan barang menjadi bagian penting untuk laporan stok barang untuk ditempatkan sebelum di jual atau didistribusikan.

Tentunya, untuk menyimpan barang-barang tersebut harus ada pencatatan buku stok barang sebagai bentuk pengelolaan dan monitor ketersediaan barang tersebut. Catatan-catatan buku stok barang inilah yang biasanya dijadikan ke dalam bentuk contoh laporan stok barang

Laporan stok barang otomatis maupun manual memiliki fungsi utama untuk mencatat secara rinci jumlah barang dari masing-masing jenisnya yang ada di gudang perusahaan.

Maka dari itu kegiatan membuat pencatatan pembukuan keluar masuk barang harus dengan sangat tepat, ditujukan agar perusahaan dapat mengontrol pencatatan buku stok barang supaya tidak terjadi selisih dan salah perhitungan.

Apa Itu Laporan Stok Barang?

Pada laporan stok barang adalah suatu pencatatan buku stok barang yang nantinya disimpan untuk kepentingan perusahaan dan produk akan tercatat jika menjual atau membeli produk dalam periode mendatang.

Membuat laporan stok barang ini juga tidak hanya untuk barang yang sudah jadi saja, namun juga berlaku pada barang yang setengah jadi, atau bahkan bahan mentah menjadi bahan baku.

Pada laporan stok barang yang persediaannya sudah jadi tentu akan disimpan dan dijual oleh perusahaan. Namun dalam mencatat buku stok barang yang setengah jadi atau bahan mentah nantinya akan disimpan dan diproses menjadi barang jadi untuk dijual.

  • Bagikan