Tak Melulu Mistis, Sering Ketindihan Perlu Diwaspadai, Ternyata ini Penyebabnya

  • Bagikan
Ilustrasi lelah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pernah merasa ‘ketindihan’ saat hendak bangun dari tempat tidur? Ternyata kondisi ini tidak selalu berkaitan dengan hal mistis, melainkan gejala dari kondisi kesehatan tertentu.

Lantas, jika bukan hal mistis apa penyebab dari ketindihan?

Ketindihan dalam dunia medis ternyata memiliki diagnosis yaitu Sleep Paraliysis, dimana tubuh penderitanya akan terasa kaku dan tidak bisa digerakkan.

Hal tersebut dijelaskan oleh medis hanyalah sebuah gangguan tidur dan merupakan hal yang cukup umum, sebab bisa terjadi pada siapa saja dan biasanya sleep paraliysis ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup cepat beberapa detik hingga beberapa menit.

Nah, untuk penyebabnya sendiri belum terlalu jelas tapi pada umumnya Sleep Paraliysis ini terjadi karena kurangnya pola tidur yang sehat, stress berkelanjutan, banyak mengkonsumsi obat-obatan hingga mengidap gangguan tidur tertentu.

Dalam hal mengatasinya, tentu,sangat mudah karena Sleep Paralysis biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Meskipun demikian biasanya orang yang mengalami ketindihan atau sleep paraliysis ini biasanya akan membutuh kan bantuan dari orang lain, dengan cara disentuh atau menggerakan tubuh si penderita.

Perlu diwaspadai selain Sleep paraliysis yang merupakan gangguan saat tidur, ada juga gangguan tidur kronis yang perlu untuk diperhatikan yaitu Neokolepsi. Apa itu Neorkolepsi ?

Neorkolepsi merupakan gangguan tidur kronis yang disebabkan Sleep paraliysis dengan menimbulkan rasa kantuk berlebih terutama di siang hari. menyebabkan penderita tertidur secara mendadak dan berhalusinasi.

  • Bagikan