Hati-hati, Terlalu Lama Tidur Menyebabkan Gangguan Kesehatan Serius

  • Bagikan
Ilustrasi lelah

FAJAR.CO.ID — Tidur sungguh sangat menyenangkan, apalagi setelah berkerja seharian.

Namun tahukah, kelamaan tidur ternyata dapat menimbulkan masalah kesehatan dari ketidak nyamanan hingga menyebabkan penyakit tertentu.

Pada umumnya, kebutuhan tidur setiap orang berbeda-beda, tergantung pada usia, tingkat aktivitas, dan kesehatan, serta gaya hidup.

Akan tetapi para ahli merekomendasikan bahwa orang dewasa yang sehat akan tidur rata-rata 7 hingga 9 jam per hari/malam.

Apabila seseorang merasa butuh tidur lebih dari 9 jam per harinya, hati-hati. Mungkin, terdapat beberapa masalah kesehatan seperti berikut :

NarkolepsiMerupakan gangguan neurologis yang mempengaruhi cara otak mengatur tidur dan bangun.

Hal ini biasanya mempengaruhi penderitanya enggan untuk bangun dan ingin terus memperlama waktu tidurnya.

Terlepas dari keadaannya, penderita narkolepsi ini dapat menyebabkan gangguan serius dalam menjalani rutinitas sehari-hari yang bahkan dapat berlangsung seumur hidup.

ParasomniaMerupakan gangguan tidur abnormal, dimana penderitanya tidak hanya tidur dalam waktu yang lama melainkan mengalami gangguan tidur seperti berhalusinasi, mimpi buruk, bahkan berjalan saat tidur.

Penderita parasnomnia bisanya selalu mengeluh karena kelelahan disaat bangun. Yang tanpa disadari saat lelapnya tidur si penderita melakukan aktivitas seperti memindahkan barang-barang, berlarian, dan berjalan keluar rumah.

Gangguan Parsomnia dapat menjadi kronis ketika sipenderita mengalami gangguan tidur naigh teror. Naigh teror yaitu perilaku agresif saat tidur, dimana ia dapat melukai orang disekitarnya tanpa ia sadari.

  • Bagikan