Setiap Hari Harus Makan Buah, Berikut Manfaat yang Ditawarkan Jika Sering Konsumsi Buah-buahan

  • Bagikan
Ilustrasi Buah-buahan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Tak dapat dipungkiri, makan buah-buahan dapat menawarkan segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Pasalnnya buah kaya akan zat gizi yang bisa melengkapi kebutuhan harian Anda sehingga kondisi tubuh tetap terjaga.

Sering makan buah bermanfaat bagi kesehatan. Salah satu cara menyeimbangkan kebutuhan zat gizi harian adalah dengan mencukupi asupan buah-buahan segar setiap hari.

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (28/5/2022) Berikut beberapa contoh manfaat makan buah untuk kesehatan.

  1. Mencegah penyakit jantungManfaat makan buah terbukti baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.Studi terbitan The BMJ (2014) menemukan bahwa mengonsumsi buah yang diimbangi sayuran mampu membuat Anda lebih panjang umur dan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 5 persen.
  2. Menurunkan risiko terkena kankerStudi lain dalam jurnal yang sama menemukan bahwa perempuan yang mengonsumsi apel, pisang, jeruk, dan anggur sejak remaja hingga dewasa awal mampu menurunkan risiko terkena kanker payudara. Buah-buahan ini kaya akan alfa-karoten yang bisa mengendalikan hormon progesteron dan estrogen sehingga menurunkan pemicu kanker payudara.

  1. Menjaga berat badanMakan buah merupakan salah satu kebiasaan menjaga berat badan yang bisa Anda coba. Kandungan serat yang ada pada buah-buahan diproses relatif lebih lama sehingga perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.
  2. Mengurangi risiko kerusakan selBuah-buahan kaya akan zat gizi yang bersifat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas, seperti: vitamin C, vitamin E, karotenoid, flavonoid, fenol, polifenol, dan fitoestrogen. Radikal bebas adalah molekul yang mengandung oksigen dengan elektron yang tidak seimbang.
  3. Menjaga kesehatan tulangMakan buah terbukti baik untuk menjaga kesehatan tulang. Beberapa buah-buahan merupakan sumber kalium yang baik. Mineral ini membantu menetralkan asam yang ada di dalam tubuh yang bisa mengurangi kepadatan tulang.
  4. Menjaga kesehatan kulitBelakangan ini, buah-buahan marak digunakan menjadi salah satu bahan produk perawatan kulit. Hal ini menunjukkan bahwa kandungan buah baik untuk kesehatan kulit. Vitamin C yang sering ditemukan pada buah-buahan bisa merangsang produksi kolagen pada kulit. Kolagen diperlukan agar kulit tetap kencang, halus, dan kenyal.
  5. Menjaga kesehatan saluran pencernaanMakan buah merupakan cara mudah untuk mencukupi kebutuhan serat. Terbukti, serat baik untuk kurangi masalah konstipasi atau sembelit. Jenis serat pada buah-buahan terbagi menjadi dua jenis, yakni serat larut dan tak larut air.
  6. Menurunkan risiko diabetesPola makan yang mengutamakan konsumsi sayuran dan buah mampu menurunkan risiko diabetes. Buah mengandung serat yang tinggi, terutama pada bagian kulit dan bulirnya. Kandungan serat pada buah membantu mengontrol kadar gula darah. (riki/fajar)

  • Bagikan