Kota Banda Aceh Dilanda Cuaca Ekstrem, DPRK Banda Aceh: Siaga Penuh, Tetap Waspada

  • Bagikan
Cuaca Ekstrem di Banda Aceh

FAJAR.CO.ID, ACEH -- Kota Banda Aceh dilanda angin kencang dengan hujan lebat sejak sabtu malam hingga minggu (29/5/2022). Dari peristiwa ini, banyak pohon yang tumbang serta atap rumah warga terbang dibawa angin.

Sejumlah pohon tumbang di jalan-jalan seputaran Banda Aceh menyebabkan terganggunya aktifitas masyarakat pengguna jalan. Ketua DPRK Banda Aceh, Farid Nyak Umar meminta instansi terkait untuk bersiaga penuh menghadapi cuaca ekstrem seperti ini.

Dinas-dinas terkait seperti BPPD, DLHK3, DPKP, Dinas PUPR, Dinas Sosial, bahkan PLN diharapkan untuk memberikan respon cepat terhadap warga ataupun fasilitas yang terdampak.

"Kepada BPBD dan DLHK3 khususnya kita harapkan agar segera membersihkan pepohonan yang tumbang di beberapa ruas jalan sehingga tidak menggangu aktifitas masyarakat pengguna jalan. Begitu juga dengan rumah warga yang ditimpa pohon maupun atapnya yang terbang mohon dipercepat penanganannya," ujar Farid, dilansir dari serambi Aceh, minggu (29/5/2022).

PLN menjadi sorotan di wilayah Aceh dalam peristiwa ini. Terdapat kabel tengangan tinggi yang putus di jalanan dan mengeluarkan percikan api. Imbasnya sejumlah kabupaten Aceh mengalami pemadaman listrik.

"Kita dapat laporan dari masyarakat bahwa ada kabel PLN tegangan tinggi di Jalan T Laksamana Gampong Mulia berapi karena gesekan dengan dahan pohon kelapa karena hujan, ini mohon segera ditindaklanjuti," sambungnya.

Cuaca ekstrem yang melanda kota Aceh bisa berdampak bencana. Dalam hal ini pemerintah daerah menghimbau kepada masyarakat sekitar untuk tetap waspada.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan