Apa itu Aplikasi Pajak Online, Manfaat, dan Bagaimana Tips Memilihnya?

  • Bagikan
ILUSTRASI. Pajak Online.(SHUTTERSTOCK/VECTOR HOT)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Perpajakan masih identik dengan urusan yang rumit, sulit, dan berbelit. Yang paling merasakan hal ini adalah para wajib pajak badan, yakni wajib pajak berupa perusahaan atau organisasi yang memiliki badan hukum. Bagi mereka, aplikasi pajak online adalah sarana yang sangat membantu dalam hal pendaftaran, pemotongan, pemungutan, serta pelaporan pajak.

Wajib pajak kerap menghadapi berbagai kendala dalam urusan pajak. Bagi wajib pajak pribadi alias perorangan, mungkin proses yang dianggap paling merepotkan adalah bagian hilir, yaitu pelaporan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak. Sedangkan wajib pajak badan, khususnya orang-orang yang bertugas menangani perpajakan di dalamnya, bisa jadi sudah pening dari hulu, yakni sejak pendaftaran wajib pajak. Aplikasi Pajak Online hadir untuk membantu mengatasi kendala-kendala itu.

Apa Itu Aplikasi Pajak Online?

Masalah kepatuhan pajak sudah lama menjadi perhatian Kementerian Keuangan, terutama Direktorat Jenderal Pajak. Baik wajib pajak pribadi maupun wajib pajak badan, kerap lalai dalam menjalankan kewajiban perpajakan. Ada yang sengaja tidak mematuhi kewajiban itu, tapi lebih banyak yang memang tak bisa menaati aturan pajak lantaran tak memahami proses yang berlaku.

Dengan semakin majunya teknologi, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) membuat inovasi dengan menyelenggarakan layanan perpajakan secara elektronik dengan bantuan Internet. Sederet layanan yang awalnya hanya bisa diakses dengan mendatangi kantor pajak lantas dapat dimanfaatkan di mana pun dan kapan pun menggunakan teknologi digital.

  • Bagikan