Ratusan CASN Mundur karena Gaji Kecil, Ketua Komisi II DPR RI: Semua Orang Sudah Tahu

  • Bagikan
Ilustrasi pemeriksaan pelamar CPNS di Kota Jogjakarta. (Eka A.R./Antara)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Ratusan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) yang dititipkan karena gaji kecil ditanggapi Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia.

Doli mengatakan, gaji kecil menjadi konsekuensi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Itu sudah berlaku umum dan semua orang tahu, konsekuensinya jika PNS itu gajinya kecil dan ditempatkan di mana saja," kata Doli di Jakarta, Senin, 30 Mei 2022.

Menurut dia, menjadi PNS merupakan pilihan hidup dan harus diperlengkapi.

Mereka yang memilih jadi PNS sadar dengan pilihan tersebut.

"Mereka itu tahu PNS gajinya berapa dan bagaimana kondisi kehidupannya," ujarnya.

Terkait sanksi untuk PNS yang lulus kemudian memanjat diri kata Doli, dia masih mempelajari apakah ada aturan tersebut.

"Tapi kalau memang itu ada, saya kira ini harus ditegakkan," katanya.

Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat sebanyak 105 CPNS yang diperoleh setelah lulus tes seleksi tahun 2021, dengan Kementerian Perhubungan sebagai instansi dengan jumlah yang diri paling banyak, yakni 11 orang.

Kepala Biro Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Kerja Sama BKN Satya Pratama mengatakan terhadap instansi yang terdapat CPNS diri tersebut dapat mengajukan kembali formasi kosong itu pada penerimaan CPNS tahun 2022.

Instansi harus mengajukan lagi untuk penerimaan CPNS berikutnya atau diajukan untuk diisikan oleh formasi PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja)," kata Satya ketika dihubungi ANTARA di Jakarta, Kamis (26/5).

Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pengadaan Pegawai Negeri Sipil, disebutkan bahwa permohonan yang sudah dinyatakan lulus namun diri, maka Pejabat Pembina Kepegawaian harus mengumumkan kelulusan yang bersangkutan. (antara/fin)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan