Soal Koalisi Indonesia Bersatu, Ace Hasan Syadzily Beberkan Perintah Ketum Golkar

  • Bagikan
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily. Foto : Andri/Man

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Politikus Golkar Ace Hasan Syadzily menyebut parpolnya membuka kesempatan bagi partai lain untuk bergabung ke dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Dia kemudian menyebut beberapa partai, seperti PKS, Demokrat, dan NasDem dipersilakan bergabung ke koalisi yang dibentuk oleh Golkar, PAN, serta PPP itu.

"Kami sekali lagi terbuka, termasuk dengan PKS, termasuk kepada Partai Demokrat, termasuk juga kepada partai-partai yang lain, seperti NasDem," kata Ace ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Senin (30/5).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu menyebut sifat terbuka KIB bagi partai lain sesuai dengan perintah Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

Menurut Ace, Airlangga menegaskan bahwa KIB adalah kerja sama politik yang bersifat inklusif. Asalkan, kata Ace, partai yang ingin bergabung memiliki narasi yang sama soal gagasan dan menyambut Pilpres 2024 dan Pileg.

"Jadi, sebagai koalisi itu kami masih inklusif menerima partai-partai yang lain untuk bergabung," ujar Ace. Namun, Ace tidak bisa memastikan ketika disinggung tentang PKS bakal bergabung ke KIB mendahului NasDem dan Demokrat.

"Ya mudah-mudahan," ungkap dia.

Sebelumnya, PKS terbuka bergabung ke koalisi mana pun, termasuk KIB. Namun, partai yang berdiri pada 1998 itu ingin tidak ada syarat sebelum bergabung ke koalisi. "Ajakan siapa saja boleh. Welcome PKS, tetapi tidak boleh dikunci. PKS lepas bebas," ungkap Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsy di Jakarta, Minggu (29/5). (ast/fat/jpnn)

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan