Gagal Bela Timnas Pada Kualifikasi Piala Asia 2023, Jordi Amat Kecewa: Itu Kabar yang Menyedihkan Bagi Saya

  • Bagikan
Jordi Amat dan Sandy Walsh

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Bek tengah berdarah Spanyol Jordi Amat mengaku kecewa tidak bisa bermain untuk Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023. Tapi, dia menerima situasi dan alasannya dengan lapang dada.

“Itu kabar yang menyedihkan bagi saya dan Sandy (Sandy Walsh, Red). Namun, kami berusaha menanggapinya dengan positif. Kami tetap berlatih dengan Timnas Indonesia untuk lebih mengenal satu sama lain, termasuk teman-teman, pelatih, dan para staf,” ujar Jordi usai berlatih di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung, Selasa (31/5).

Sandy Walsh (Belanda) dan Jordi Amat (Spanyol) merupakan pemain luar negeri keturunan Indonesia yang berkas administrasi naturalisasinya ke WNI sedang diproses oleh pemerintah. Mereka awalnya disiapkan untuk memperkuat Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023 yang berlangsung 8-14 Juni 2022. Akan tetapi, ternyata naturalisasi mereka tidak kunjung usai.

Andai pun tuntas, dari sisi legalitas negara, mereka tetap mesti mengurus perubahan asosiasi sepak bola dari negara masing-masing ke asosiasi sepak bola Indonesia, dalam hal ini PSSI, karena itu menjadi syarat dari FIFA.

Jordi Amat memahami kondisi yang terjadi saat ini. Oleh karena itulah dirinya tidak terlalu gusar dan kini berupaya keras untuk segera menuntaskan proses pewarganegaraan tersebut.

“Perubahan asosiasi di FIFA itu memang sulit dan rumit. Namun kami akan terus berusaha. Semoga kami segera mendapatkan paspor Indonesia dan bergabung dengan timnas pada pemanggilan selanjutnya,” tutur pesepak bola berusia 30 tahun itu.

  • Bagikan