Selain Mobil Mewah, Kendaraan Dinas TNI, Polri dan BUMN Bakal Dilarang Pakai Pertalite

  • Bagikan
Pertalite

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) memastikan, dalam waktu dekat akan melarang mobil mewah membeli Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis RON 90 atau Pertalite.

Terkait hal tersebut pertamina akan memantau Pembelian Pertalite dari besaran Cubicle Centimeter (CC) setiap mobil.

Untuk mendukung itu, Saat ini BPH Migas dan Pertamina sedang menyusun petunjuk teknis mengenai kriteria kendaraan yang berhak membeli Pertalite sekaligus menggodok revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

Kepala BPH Migas, Erika Retnowati mengatakan kriteria yang termasuk dalam kategori mobil mewah nantinya akan merujuk dari besarnya CC yang dimiliki mobil. Namun demikian ia belum merinci secara detail besaran CC yang dimaksud.

"Memang pada saat ini, kami membahas banyak perdebatan dan kami sampai pada kesimpulan akan ditetapkan pada CC-nya. Kenapa? Kami melihat dari konsumsinya karena CC-nya besar maka akan mengkonsumsi BBM yang banyak dan mereka itu dirancang untuk tidak konsumsi Pertalite dengan spesifikasi mesin dan bahkan lama-lama akan merusak mesin juga," ujarnya pada Senin (6/6/2022).

Informasi tersebut disampaikan Erika Retnowati, Kepala BPH Migas dalam rencana mendorong terlaksananya kebijakan pembatasan pengguanaan pertalite, ia bermaksud menggandeng pihak Universitas Gadjah Mada (UGM). Dalam melakukan kajian tentang kriteria, yang akan ditentukan dari besaranya CC pada mobil mewah.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan