Covid-19 Belum Seberapa, Ahli Sebut Bakal Muncul Ribuan Virus Baru Akibat Perubahan Iklim

  • Bagikan
Ilustrasi virus

FAJAR.CO.ID, JAKARTA--Satu virus saja yakni SARS-CoV-2, dunia sudah porak-poranda karena pandemi. Padahal para ahli memprediksi dampak perubahan iklim saat ini akan memunculkan ribuan virus.

Tim peneliti yakni Colin J. Carlson meneliti dan mengeksplorasi bagaimana perubahan iklim dan perusakan habitat satwa liar dapat memengaruhi bagaimana penyakit menyebar dari hewan ke manusia. Draf pertama mereka termasuk referensi ke wabah pneumonia hipotetis yang tidak diketahui asalnya.

“Kami tahu bahwa spesies sedang bergerak. Kami tahu bahwa mungkin memiliki relevansi dengan virus lain,” kata Asisten Profesor Biologi di Universitas Georgetown tersebut.

“Dan, untuk sementara, kami benar-benar ingin membahas apa artinya itu bagi kesehatan manusia? Apa artinya pandemi,” katanya.

Carlson dan rekan penulisnya menemukan bahwa mungkin sudah terlambat untuk membatasi penyebaran limpahan zoonosis yang melompat dari hewan ke manusia karena perubahan iklim. Catatannya, dalam 50 tahun ke depan, satu per satu virus akan bermunculan.

“Selama 50 tahun ke depan, penyebaran patogen antara manusia dan hewan di alam liar akan menyebabkan penularan sekitar 4 ribu virus baru antar spesies, dan meningkatkan risiko pandemi global,” katanya.

Dalam beberapa minggu terakhir, dunia epidemiologi telah difokuskan pada peningkatan global dalam kasus cacar monyet.
Virus ini umum di beberapa bagian Afrika, menyebar melalui kontak dekat dan diobati menggunakan obat antivirus. Vaksin cacar juga efektif dalam mengobati cacar monyet.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan