Ilham Azikin Programkan Bantuan Modal Berbasis Dusun dan RW, Jadi Penopang Ekonomi Bantaeng

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR -- Kabupaten Bantaeng punya program unggulan, yaitu bantuan modal berbasis dusun dan RW. Program ini menjadi salah satu penopang unggulan pertumbuhan ekonomi di Bantaeng.

Bupati Bantaeng, Ilham Syah Azikin mengatakan program bantuan modal berbasis dusun dan RW lahir karena keyakinan bahwa sektor yang paling utama dari sektor ekonomi adalah ekonomi mikro. Terbukti kata dia, itu bisa dirasakan selama pandemi.

"Bantuan modal berbasis dusun dan RW ini didesain sebelum pandemi. Nah ternyata ketika pandemi kita bisa merasakan bahwa sektor yang masih survive untuk menggerakkan ekonomi adalah ekonomi mikro yang berbasis masyarakat," bebernya di acara Podcast Harian FAJAR, Rabu, 8 Mei.

Hal yang disyukuri kata Ilham bahwa program ini terus berlanjut dan itu menjadi konsen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng dalam RPJMD. "Dan kita berharap itu terus berlanjut seterusnya," harapnya.

Selain mendukung dan membantu pertumbuban usaha. Program ini kata dia, sangat efektif menyerap tenaga kerja.

Sehingga program ini sangat berkontribusi untuk mengurangi angka pengangguran di Bantaeng.
"Karena seperti yang dikatakan Pak Adnan (Bupati Gowa), kalau ada usaha bergerak pasti menyerap tenaga kerja," ujarnya.

Ilham mengaku bersyukur bahwa walaupun Bantaeng itu wilayahnya kecil, namun punya banyak potensi. Khususnya pertanian yang menjadi sektor utama dalam penyumbang pertumbuhan ekonomi.

Selain sektor pertanian dan perkebunan, dan pariwisata. "Kami bersyukur bahwa walaupun Bantaeng kecil. Tapi potensi daerah geografis sangat mendukung. Kalau mau nikmati pantai ada, kalau mau bergser ke sana, yang dingin juga ada," katanya.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan