Halau Penyakit Rentan di Musim Hujan dengan Cara Ini

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah menginformasikan terkait musim hujan lebat di sejumlah wilayah di Indonesia.

Berdasarkan hal tersebut, penting untuk menjaga kebersihan dan mengetahui beberapa faktor yang mengancaman kesehatan di rumah saat musim hujan berlangsung.

Merujuk pada tulisannya di laman Yayasan Gastroenterologi Indonesia. menjelaskan, terkait sejumlah penyakit yang biasanya meningkat setelah musim hujan.

Berikut beberapa faktor pembawa penyakit saat musim penghujan:

Faktor lingkungan

Faktor pertama datang dari lingkungan. Nah, Lingkungan yang tergenang atau rumah yang terendam banjir biasanya meperburuk kondisi orang yang tinggal di sekitarnya.

Dikarenakan kondisi tersebut selain meperburuk polusi, juga akan banyak mengundang lalat dan kecoa, sehingga datang mencemari makanan dirumah.

Yang nantinya akan membawa penyakit seperti infeksi pada saluran pernapasan, asma, paru-paru basah, serangan jantung, dan penyakit lainnya.

Faktor bakteri

Faktor lainnya datang dari Bakteri. Pada musim hujan bakteri datang dari segalah penjuru seperti Lingkungan yang tercemar, polusi dan juga hewan.

Tentu hal ini perlu untuk diwaspadai karena bakteri tersebut akan membawa penyakit Hepatitis, typus, diare, kolera (penyakit menular) dan penyakit berbahaya lainnya.

Selain itu ada beberapa penyakit kulit sering terjadi akibat dari bakteri musim hujan diantaranya kutu air, kurap, panu, eksem, dan jerawat.

Adapun cara untuk mencegah penyakit musim hujan, bisa dilakukan dengan beberapa tips berikut :

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan