Jokowi Target Bangun 30 Pusat Persemaian, Said Didu: Janji Baru Lagi Pak?

  • Bagikan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan 30 pusat persemaian hingga tiga tahun ke depan.

Rencana itu langsung dikomentari Mantan Sekretaris Kementerian BUMN Said Didu. Menurutnya, itu adalah janji kesekian kali yang diucapkan Jokowi.

"Janji baru lagi Pak?" sindir Said Didu dikutip Fajar.co.id di akun Twitter-nya @msaid_didu, Sabtu (11/6/2022).

Sebelumnya, Jokowi menyampaikan rencana pembangunan itu ketika meresmikan Pusat Persemaian Rumpin di Rumpin, Kabupaten Bogor, Jumat (10/6).

Presiden menyatakan, pemerintah menargetkan akan ada 30 pusat persemaian baru, dengan kapasitas produksi 10-12 juta bibit per tahun. Dengan begitu, dalam setahun dapat menghasilkan kurang lebih 360 juta bibit atau benih siap tanam yang berkualitas.

"Akan ada 30 persemaian seperti ini. Tahun ini kita perkirakan akan jadi lagi 8, tahun depan tambah lagi, artinya step-step menuju ke perbaikan lingkungan itu konkret dan bisa dilihat," kata Jokowi sebagaimana dikutip dari siaran pers Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Dengan hadirnya 30 pusat persemaian yang mampu menghasilkan 360 juta bibit per tahun, ujar Jokowi, maka akan semakin luas lahan kritis yang bisa ditanami. Sebab, keberadaan bibit dalam jumlah besar, semua pihak mau tak mau harus melakukan penanaman.

"Jadi bukan berapa hektar yang akan kita kerjakan, tapi berapa produksi bibit yang dapat kita hasilkan," ujarnya.

Jokowi menyampaikan, bibit-bibit tersebut akan dikirimkan ke kabupaten/kota di Tanah Air untuk ditanam di lahan kritis, daerah dengan potensi longsor tinggi, dan bagian hulu daerah aliran sungai (DAS). Langkah konkret untuk merehabilitasi lingkungan ini sudah mulai dilakukan di sejumlah lokasi seperti Sungai Ciliwung.

Dapatkan berita terupdate dari FAJAR di:
  • Bagikan